Saturday, January 13, 2018

BAHAYA MINUM KOPI+SUSU

Kopi sudah menjadi begitu populer seja diperkenalkan oleh saudagar dari Arab pada dunia. Dan kini ia menjadi begitu terkenal hingga ke pelosok negeri. Kopi hitam nan pahit tanpa campuran adalah kopi klasik paling disukai oleh mereka pecinta kopi sejati. 
Kopi memang akan memberikan manfaatnya pada tubuh peminumnya dengan baik bila dikonsumsi tanpa campuran apapu Kopi n, hitam dan murni,mengandung kafein yang banyak manfaatnya untuk tubuh.
Tak hanya kopi, namun susu juga memberikan manfaat baik untuk tubuh karena mengandung kalsium dan laktosa yang bermanfaat untuk tulang dan pencernaan. 
Kopi biasanya akan mendapat campuran lain untuk menghilangkan sedikit rasa pahitnya dengan menambah beberapa bahan seperti menambahkan gula, susu, kayu manis, dan rempah-rempah lainnya. 
Disamping menghasilkan rasa yang lebih nikmat tentunya mencampurkan berbagai macam bahan lain ke dalam kopi akan memberikan manfaat yang berbeda baik itu bagus maupun buruk untuk tubuh.
Menambahkan gula ke dalam kopi memberikan resiko diabetes bagi peminumnya, apalagi bila si peminum selalu meminum kopi baik di pagi maupun di saat-saat lain ketika dia ingin. 
Sedangkan menambahkan rempah-rempah ke dalam kopi malah akan menambahk khasiat dari kopi itu sendiri karena rempah-rempah berfungsi sebagai obat herbal pada tubuh. Seperti beberapa orang yang menambahkan potongan jahe atau seperti kopi Arab yang menambahkan kapulaga ke dalamnya. 
Lalu bagaimana dengan susu? Susu memang mengandung kalsium yang sangat baik untuk tulang. Namun ternyata susu malah memberikan efek buruk bila dijadikan campuran pada minuman kopi anda. Ternyata, kopi yang ditambahi dengan susu malah akan membuat tulang menjadi rapuh dan peminum akan menderita osteoporosis. Hal ini dinyatakan oleh dr. Fiastuti Witjaksono Msc. MS. spGK dari Perhimpunan Osteoporosis Indinesia (Perosi) bahwa kopi ternyata malah menghambat kalsium.
Selain minuman kopi yang dicampur dengan susu, minuman lain yang harus dihindari agar tak beresiko osteoporosis adalah alkohol. Namun akan lebih baik bila tubuh juga sering melakukan olahraga dan menghindari rokok sebab rokok tidak akan membuat kita semakin sehat. Kalsium yang mampu membuat tulang kuat dan terhindar dari osteoporosis dapat diperoleh melalui sumber kalsium lain yaitu produk dari susu, tahu, tempe, kacang juga sayuran berwarna hijau.
Mendapatkan asupan vitamin D secara rutin melalui paparan inar matahari pagi juga disarankan. Saat yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari pagi yang bermanfaat untuk tubuh adalah sebelum jam 9 pagi dan setelah jam 3 sore.
Kopi tanpa campuran apapun melainkan dari biji kopi asli memang memberikan manfaat baik yang banyak untuk tubuh. Yang patut anda hindari adalah minuman kopi kemasan dan juga ada campuran susu di sana.
Kopi instan ini adalah minuman tanpa bubuk kopi berkualitas, bahkan pembuatannya hanya menggunakan sedikit biji kopi, iupun yang berkualitas rendah. Kopi instan mengandung gula buatan yang sangat tinggi, emmang ketika sampai di lidah rasanya begitu nikmat hanya saja itu tidak baik untuk tubuh anda.
Namun bila anda sudah terlanjur sering mengkonsumsinya dan telah menjadikannya sebagai kebiasaan maka hal ini dibolehkans aja agar tidak berlebihan. Selain resiko osteoporosis, resiko lainnya adalah meningkatnya karies gigi dalam lima-tujuh tahun terakhir hal ini karena di dalamnya terkandung bakteri Streptococcus yang mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam. 

Jadi, usai minum kopi susu maka sebaiknya minumlah segelas air putih dan gosok gigilah.